Wednesday, June 30, 2010

PUPUSNYA HARAPAN ASIA


Oleh Raju Febrian (redaktur olahraga Tempo) 

Hanya karena sebuah tendangan yang gagal, bisa menggagalkan mimpi sebuah negara untuk mencatatkan sejarah baru. Ya, itulah yang terjadi pada Jepang. Sepakan Yuichi Komano yang menjadi eksekutor ketiga Jepang mengenai tiang gawang. Kegagalan yang membuat Jepang kalah adu penalti 5-3 (0-0) melawan Paraguay di Loftus Versfeld Stadium, Pretoria, beberapa jam lalu.

Setelah lolos ke babak 16 besar saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002, Jepang mematok target lolos ke perempat final. Mereka tampil luar biasa dengan menahan Paraguay tampil tampil lebih mendominasi di 90 menit waktu normal. Keisuki Honda dkk juga tampil hebat di 30 menit babak perpanjangan waktu.
Hasil tanpa gol ini membuat pemenang harus di tentukan lewat adu penalti. Tos-tosan pertama sepanjang Piala Dunia 2010 kali ini.
Jepang cukup percaya diri setelah Yasuhito Endo dan Makoto Hasebe bisa menyamai eksekusi Edgar Barreto dan Lucas Barrios yang menjadikan kedudukan 2-2. Setelah pemain Paraguay Cristian Riveros melakukan tugasnya, giliran Komano. Sayang tendangan bek Kawasaki Frontale itu mengenai tiang gawang meski kiper Paraguay Justo Villar sudah mati langkah.
Hasilnya meski Keisuke Honda sukses, Paraguay memastikan kemenangan setelah Nelson Valdez dan Oscar Cardozo menyelesaikan tugasnya dengan baik.
Kegagalan Jepang ini membuat pupus asa benua Asia untuk meloloskan wakilnya ke babak perempat final. Pasalnya, Jepang yang menjadi satu-satunya wakil yang tersisa setelah Australia, Korea Utara dan Korea Selatan juga gagal. Ironisnya, Jepang dan Korea Selatan -- dua tim yang mampu sampai babak 16 besar -- kedua-duanya dihentikan tim Amerika Selatan. Korsel kalah 2-1 dari Uruguay.
Sukses Paraguay melengkapi kehebatan tim-tim Amerika Selatan kali ini. Mereka menjadi tim Latino keempat yang lolos ke babak 8 besar. Mereka tinggal menunggu pemenang antara Spanyol dan Portugal yang bertemu dini hari tadi.
Tiga partai perempat final lainnya sudah ditentukan Belanda bertemu Brasil, Argentina menghadapi Jerman, dan Uruguay bertemu dengan satu-satunya wakil Afrika yang tersisa, Ghana.
Foto: Mark Kolbe/Getty Images

No comments:

Post a Comment