Monday, July 19, 2010

Teori Lensa menurut Bentuk dan Kekuatan atau Power


Pada postingan sebelumnya saya telah uraikan teori kacamata dasar, baik teori lensa kacamata itu sendiri secara umum, dan jenis-jenis lensa menurut material atau bahannya. Pada postingan saya kali ini saya akan memposting Teori Lensa kacamata menurut bentuknya dan Kekuatan atau Power yang terdapat pada lensa itu sendiri secara umum.

Pada bidang optik, teori Lensa menurut bentuknya terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :



1) Lensa Plano atau bahasa umumnya Lensa Normal = yaitu lensa dengan kekuatan 0.00 dimana lensa Plano meneruskan cahaya tanpa di biaskan sehingga besarnya bayangan yang dihasilkan sama dengan objek aslinya.
CT = ET (Center Thickness = Edge Thickness).

2) Lensa Cembung = Yaitu lensa berkekuatan (+) plus, dimana lensa cembung bersifat mengumpulkan cahaya atau konvergen sehingga lensa cembung berfungsi untuk Memperbesar bayangan. CT lebih besar dari ET (Center Thickness lebih besar dari Edge Thickness).
3) Lensa Cekung = Yaitu lensa berkekuatan (-) minus, dimana lensa cekung bersifat menyebarkan cahaya atau divergen sehingga lensa cekung berfungsi untuk Memperkecil bayangan. CT lebih kecil dari ET (Center Thickness lebih kecil dari Edge Thickness) .
Selanjutnya jenis-jenis lensa menurut kekuatan atau powernya, dimana satuan kekuatan bagi lensa itu sendiri di sebut dengan Dioptri . terbagi menjadi dua bagian yaitu:

1) Lensa Spheris = Yaitu lensa yang memiliki kekuatan yang sama pada setiap meridiannya, tetapi titik fokusnya hanya ada satu yaitu OC (Optical Center).

2) Lensa Cylinder = Yaitu lensa yang memiliki kekuatan yang berbeda pada meridian yang saling tegak lurus.

Untuk Rumus Kekuatan Lensa :

a) Spheris, terdapat pada aljabar terbesar,
b) Cylinder, selisih antara dua meridian,
c) Axis, pada aljabar terbesar.

Contoh :

Pada Meridian 90 = -2.00 dan Meridian 180 = -3.00
Maka Rx { S -2.00 C -1.00 x 90}

Contoh lain :

Pada Meridian 40 = +1.00 dan Meridian 130 = -1.00
Maka Rx { S +1.00 C-2.00 x 40}

Demikian sekilas info tentang Teori lensa menurut Bentuk dan kekuatan atau powernya. Semoga bermanfaat bagi sahabat yang berkecimpung di bidang optik.

Note : Bila terdapat kekeliruan mohon di koreksi agar kita bisa sama-sama belajar.

2 comments: