Wednesday, September 22, 2010

Mulutmu Harimau MU.....


Makna sebuah ucapan

Oleh : Rhuly Indrawan


Pengucapan sebuah kata sarat dengan muatan makna yang sangat beragam, bisa saja menimbulkan rasa simpati, senang, dengki bahkan menyakiti hati orang yang mendengarnya. Setiap ucapan bisa membahayakan diri kita bahkan orang lain karena setiap kata yang terucap itu bagaikan pisau, yang mengiris, atau bagai palu yang menghantam menghancurkan persahabatan dan kedamaian.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi makna sebuah ucapan. Setiap orang mengartikan makna sebuah ucapan dengan latar belakang ilmu, pengetahuan, hati dan logika yang mereka miliki. Faktor lainnya adalah waktu, kondisi dan intonasi dari pengucapan kata hingga keadaan orang yang mengucapkan dan yang mendengarkan.

Seringkali kita bereaksi terhadap ucapan yang menyulut kemarahan, hingga kedengkian merasuki hati dan tindakan kita. Atau kita merasakan ketertarikan akan hal yang menyenangkan hati kita dan melemparkan timbal balik yang sangat baik. Namun tak jarang pula kita salah dalam memahaminya hingga terjadi perselisihan.

So.. Bijaksanalah dengan apa yang kita dengar dan ucapkan. Lihatlah dengan mata hati yang sejuk dan berusahalah mengerti apa maksud dari ucapan itu.

Semoga celotehku ini berbuah kebaikan. Amien...

1 comment:

  1. Makanya kita harus berhati-hati dalam berkatakatanya. Nice sharing. Btw, saya ijin copy gambarnya ya :D


    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete